Kurikulum

Silabus Mata Kuliah

SPs 700    Filsafat Ilmu                                                                                   

(2-0)

Mata kuliah ini disajikan sebagai pengantar untuk pemahaman calon doktor dalam bidang lingkungan. Hal-hal yang akan dibahas adalah meliputi aspek antologis, epistimologis dan aksiologis keilmuan yang berkaitan erat dengan moral dan etika dalam pengembangan ilmu. Selanjutnya dalam kaitan ini akan dikaji hakikat beberapa sarana berpikir ilmiah, yaitu: bahasa, logika matematika dan statistik. Penelitian dan penulisan ilmiah dengan harapan dapat membantu mahasiswa untuk berkarya dalam bidang keilmuan terutama yang berkaitan dengan aspek lingkungan.

 

 

 

PSL 711    Analisis Statistika Lingkungan                                                                            

(2-0)

Penggunaan berbagai metode analisis kuantitatif dalam merancang dan melakukan penelitian dengan mengikuti kaidah-kaidah lingkungan. Pada kaidah lingkungan secara populasi, terdapat dua tipe: yakni populasi yang bersifat diskret serta populasi yang bersifat kontinu. Dua tipe ini menuntut pendekatan yang berlainan dalam hal perancangan percobaan maupun perancangan pengambilan contoh. Matriks antara tipe percobaan dengan tipe populasi inilah yang akan diakomodasi dalam mata ajaran ini.

 

 

 

PSL 712    Ekologi, Pembangunan dan Pengelolaan Lingkungan

(3-0)

Memberikan pemahaman dasar-dasar ekologi bagi pembangunan, landasan, karakter komponen menyangkut kehidupan biotik, interaksi tumbuhan, hewan, manusia dan mokroorganisme. Keterkaitan siklus biogeokimia dengan mikro dan makrokosmos bagi manusia. Penanganan perilaku produktivitas, stabilitas, sustainabilitas, ekuitabilitas dalam sistem ekologi menunjang ecodevelopment bagi lingkungan teristerial dan aquatik, termasuk kerawanan dan tipologi ekosistem dalam pembangunan di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

PSL 713    Analisis Sistem dan Permodelan Dalam Lingkungan

(3-0)

Penerapan teknik-teknik analisis sistem dan permodelan dalam penelaahan masalah lingkungan.

 

 

 

PSL 714    Manajemen dan Administrasi Lingkungan

(3-0)

Berbagai macam tata laksana atau upaya manajemen untuk mencegah, mengendalikan dan atau menanggulangi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh suatu organisasi (organisasi perusahaan atau organisasi publik) secara sistematik. Sistem manajemen lingkungan yang diperkenalkan merupakan perangkat manajemen organisasi yang bersifat sukarela, seperti: audit lingkungan, ekolabel, dan analisis daur hidup. Proses sertifikasi yang harus ditempuh bila suatu organisasi berkehendak memperoleh pengakuan internasional atas sistem yang diadopsi.

 

 

 

PSL 721    Metodologi Penelitian dan Teknik Penulisan Disertasi

(3-0)

Membahas tentang konsep dan penerapan filosofi ilmu dalam kegiatan penelitian sumberdaya alam dan lingkungan dalam rangka mencari kebenaran ilmiah. Perumusan masalah dan hipotesis, penggunaan logika dan intuisi dalam menganalisis permasalahan. Cara menyajikan data (fakta) serta cara interpretasi data. Teknik penyusunan proposal penelitian dan teknik penulisan ilmiah untuk publikasi dilakukan melalui tugas-tugas dalam perkuliahan.

 

 

 

PSL 722    Pengelolaan Konflik Sosial dan Kelembagaan Dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

(3-0)

Pendalaman dan analisis konsep-konsep sistem sosial, local knowledge, local wisdom, great-little tradition (keterkaitan budaya kota dan desa), indigenus/exegenus technology, pengelolaan sumberdaya berkelanjutan, perkembangan orientasi nilai budaya, tipologi ekologi budaya, pengembangan teknologi lokal/teknologi partisipatif, kinerja berbagai agro-ekosistem dan alternatif pembangunan pertanian masa depan yang berwawasan ekologi, keterkaitan antar lembaga dalam pengembangan teknologi (mikro-makro), dinamika kelompok/organisasi lokal, analisis metoda-metoda partisipatif pengembangan masyarakat, pengembangan energi sosial buaday kreatif, perubahan sosial buaday dalam perspektif perubahan ekologi manusia dan perubahan budaya menuju kemandirian masyarakat.

 

 

 

PSL 723     Valuasi Ekonomi dan Penilaian Kerusakan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

(3-0)

Paradigma dalam pembangunan ekonomi dan lingkungan. Analisis kebijakan ekonomi lingkungan dalam pembangunan. Teori dan proses dalam menyusun kebijakan. Akutansi sumberdaya alam, insentif ekonomi bagi sistem produksi. Evaluasi ekonomi ekosistem dan sumberdaya alam. Penggunaan cost benefit analisis. Lingkungan hidup dalam ekonomi global

 

 

 

PSL 724     Pengelolaan Limbah Industri

(2-0)

Zat-zat utama dalam limbah industri.  Tahapan pengolahan limbah, pengolahan pendahuluan, primer, sekunder, dan tertier. Reaksi-reaksi pada proses pengolahan secara kimia, netralisasi, presipitasi, adsorbsi kimia, oksidasi. Proses pengolahan lumpur, karakteristik, kuantitas lumpur, dan unit pengolahan lumpur. Peralatan pengolahan limbah. Pengolahan limbah secara bakteriologis.

 

 

 

PSL 725     Bioteknologi Lingkungan

(2-0)

Pembahasan mengenai metode dan teknik kultivasi mikrobiologi untuk mengatasi pencemaran lingkungan, bioreaktor, bioteknologi penanganan logam berat, bioteknologi limbah perkebunan, bioremidiasi, senyawa xenobiotik, pengendalian mikroorganisme dalam sumber air dan air minum, deteksi dan pengendalian patogen di limbah, pelacakan dan transfer genetik mikroorganisme transgenik, tanaman dan hewan. Trasgenik dan dampaknya terhadap lingkungan, etika bioteknologi.

 

 

PSL 726     Ekologi Perairan dan Manajemen Pesisir

(2-0)

Distribusi dan pemanfaatan sifat fisik air. Struktur ekosistem perairan (wetland & ekosistem laut), faktor fisika dan kimia air, ekosistem lotik, ekosistem lentik, metoda pengamatan pada ekosistem air, pengelolaan ekosistem perairan. Pengelolaan daerah pesisir, baik sumberdaya alamnya maupun lingkungan sosial agar daerah pesisir berkelanjutan dan tetap lestari.

 

 

PSL 727     Antropologi dan Sosiologi Lingkungan

(2-0)

Mata kuliah ini membahas model-model kerangka analisis budaya, mental mufakat, sumberdaya manusia, fertilitas. Mortalitas dan migrasi serta penerapannya dengan menggunakan data-data sekunder dengan aspek pola, kecenderungan serta implikasi kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan.

 

 

PSL 728     Urban Planning

(2-0)

Ruang lingkup mata kuliah ini secara umum mendeskripsikan masalah perencanaan urban yang berkaitan dengan besar dan kecepatan proses urbanisasi. Garis besar pembahasan bentuk-bentuk kuno dari urban, kota masa mendatang, pola otonom, divergensi atau konvergensi, proses kelahiran dan perkembangan kota, perimbangan kota-desa, dan pengembangan wilayah, serta perencanaan kota di masa mendatang

 

PSL 731     Pengelolaan Sumberdaya Lahan

(2-0)

Membahas berbagai aspek sumberdaya lahan dan komponen-komponen penyusunnya. Membahas konsep pembangunan berkelanjutan dan kaitannya dengan pengembangan sumberdaya lahan. Geometri dan penggunaan sumberdaya lahan. Berbagai jenis tanah utama, sifat-sifatnya, potensinya dan permasalahannya. Membahas berbagai aspek tanah bermasalah (problem soil). Membahas posisi, fungsi dan peranan sumberdaya lahan dalam pengelolaan lingkungan. Kerusakan tanah meliputi kerusakan fisik, kimia dan biologi. Erosi tanah dan dampaknya terhadap lingkungan. Lahan terdegradasi dan lahan kritis. Dampak pembangunan terhadap sumberdaya lahan dan berbagai upaya untuk meminimumkan dampak negatifnya. Pengelolaan sumberdaya lahan berwawasan lingkungan.

 

 

 

 

 

PSL 732     Kimia Lingkungan

(2-0)

Dasar-dasar kimia lingkungan air, tanah, dan udara. Analisis parameter kualitas lingkungan. Siklus karbon, belerang dan proses kehidupan, hujan asam, pengaruh pencemaran logam berat dan penurunan kualitas lingkungan terhadap kesehatan masyarakat. Perjalanan zat-zat pencemar dan organ tubuh.

 

PSL 733    Biologi Konservasi

(2-0)

Pengertian biologi konservasi, konservasi tingkat spesies dan populasi, konservasi tingkat komunitas. Konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Konservasi di Indonesia. Strategi dan kebijakan pelestarian insitu dan exsitu. Program konservasi dalam Deklarasi Rio dan Agenda 21.

 

PSL 734     Toksikologi dan Kesehatan Lingkungan

(2-0)

Dasar-dasar tentang toksikologi dan kesehatan lingkungan.  Kausal dan pengaruh zat toksik dan xenobiotik terhadap lingkungan.  Hubungan lingkungan dan kerja lapangan

 

PSL 735     Perencanaan Sosial Lingkungan

(2-0)

Membahas tentang perlunya diperhatikan faktor-faktor sosial dalam perencanaan program dan proyek-proyek lingkungan, agar tercapainya partisipasi sosial yang efektif. Pembahasannya menitikberatkan kebijakan sosial perencanaan partipasif (tujuan dan metode), dan dalam perencanaan partipasif pada lingkungan

 

 

PSL 736     Komunikasi Lingkungan

(2-0)

Membahas tentang konsep dan menerapkan filosofis dalam model-model komunikasi, pendekatan-pendekatan komunikasi mass media yang efektif mendukung pengelolaan lingkungan. Garis besar mata kuliah adalah penerapan model komunikasi dalam proses lingkungan, pendekatan komunikasi dalam lingkungan pedesaan, pertanian dan perkotaan. Tatanan komunikasi dalam proses lingkungan, hambatan dan evolusi komunikasi dalam lingkungan, dan pemilihan mass media pada pengelolaan lingkungan.

 

PSL 737     Pengembangan Institusi Lingkungan

(2-0)

Perkembangan situasi politik dengan diundangkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah menuntut dikembangkannya institusi (kelembagaan) lingkungan hidup yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Kajian berbagai alternatif pengembangan institusi lingkungan, keuntungan dan kelemahannya dibahas secara komprehensif di dalam mata kuliah ini.